...^^aSsaLamu'aLaiKum!!!^^...

ahlan wa sahlan....!!!!

weLcome to my bLog


dakwah...

dakwah?! apa itu dakwah?? sering qta mendengar kata tersebut,, tapi banyak dari qta memahami dakwah itu hanya sebatas itu-itu aja. Nah,, detailnya gimana to?? simak yang berikut ini!!!


Dakwah,, apaan tu??
Secara harfiah, dakwah ntu artinya menyeru. Secara istilah, dakwah adalah upaya untuk menyeru manusia kpd jalan Islam hingga mereka keluar dari kegelapan jahiliyah ke cahaya Islam, atau dgn kata lain dakwah adalah upaya terus menerus untuk merubah manusia -baik pikiran, perasaan, maupun tingkah lakunya- dari jahiliyah menjadi Islam, atau yang Islam menjadi lebih Islam lagi, hingga terbentuk tatanan masyarakat yg Islami. Allah berfirman:
"Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan jalan hikmah (hujjah) dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk." (QS. An- Nahl : 125)
"Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeru kepada Allah, mengerjakan amal shalih, dan berkata: Sesungguhnya Aku termasuk orang-orang yang menyerah diri" (QS. Fushilat : 33)
kedua ayat tadi telah menegaskan bahwa Allah memerintahkan kpd kaum mukminin untuk melakukan aktifitas dakwah tersebut. Peeeehhh!!! brarti ini wajib Lo!!! tapi dakwah ini bukan berarti cuma ngomong diatas mimbar, ceramah, tausiyah, dll gitu, tapi adalah menyeru kpd kebaikan dan mencegah kemungkaran. Misal, tmen qta masi blom sholat, trus qta ajak sholat, nah berarti qta ntu uda berdakwah, walaupun cuma dgn skala kecil.
Arah qTa berdakwah
nah, kalo gitu,, arah dakwah itu apa?? Begini:
1. Mentauhidkan Allah. LEwat dakwah umat manusia diarahkan untuk beriman kepada Allah beserta berbagai sifatnya. NiLai tauhid nne akan membawa seseorang beriman kepada malaikat, para rasul, kitab2, hari akhir, dan qadha n qadar, yg smwanya t'masuk k dalam pengertian 'aqidah islamiyah'. Dgn kata laen, dakwah ini bertujuan untuk menanamkan aqidah islamiyah.
2. Menjadikan Islam sebagai rahmat. Allah berfirman:
"Dan tiadalah kami mengutus kamu (Muhammad), melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam"(QS. Al Anbiya : 107)
Ayat diatas menunjukkan bahwa Rasulullah SAW dgn syari'at Islam yg dibawanya itu adl rahmat bagi seluruh alam. Jadi, dakwah ntu ditujukan bwad tegaknya syari'at Islam, karena disitulah terletak kemaslahatan sejati n menyingkirnya kemudhorotan. ISlamLah yg akan mendatangkan rahmat.
3. Menjadikan IsLam sBagai pedoman hidup. Dakwah Islam bukan sekedar ditujukan untuk membentuk pribadi yg aqidahnya lurus, shalatnya rajin, puasa ga pernah ketinggalan, akhlak semua orang baik, makanan dan minumannya pun senantiasa terjaga. Lebih daripada itu, dakwah Islam ditujukan untuk jadi pedoman hidup. Firman Allah:
"Barangsiapa yang menjadikan selain ISlam sebagai din (agama dan sistem hidup), niscaya tidak akan diterima apapun darinya dan dia di akhirat termasuk org yg rugi" (QS. Ali Imran : 85)
"Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu" (QS. Al Baqarah : 208)
4. Last but not least, tujuan qta b'dakwah adalah menggapai ridho Allah. Smwa amal dilakukan, t'masug dakwah, ditujukan untuk mengharap ridha Allah. Jalannya dilakukan tentu dgn keikhlasan dan sesuai dgn tuntunan syari'at Islam yg dibawa oleh Rasulullah SAW.
Jadi,, secara khusus,, dgn mengkaji siroh Rasulullah SAW, dpt dikatakan bahwa dakwah ditujukan bwad:
- Membentuk kader yg berkepribadian IsLam
- Membentuk jamaah yg membina kader n memperjuangkan tegaknya daulah khilafah islamiyah
- Menegakkan daulah Islam yg menerapkan seluruh ajarannya.
NAH!!! tanpa dakwah, kemaksiatan kecil tak kan merajalela, syari'at Islam pun tak akan tegak. Trus,,, kpn ridha Allah qTa peroleh???
Read More…

23 Oktober 2008

0 Comments:

 
...meraih kembali sesuatu yang hilang... - Wordpress Themes is proudly powered by WordPress and themed by Mukkamu Templates Novo Blogger